korelasi antara ip diatas 3 dengan ksm yang dilaminating..

Hal yang rutin dilakukan oleh seorang mahasiswa ketika suatu semester telah berakhir adalah menghitung ip. Ya, mengkalikan indeks nilai yang didapat dengan jumlah sks, ditotal, lalu dibagi dengan jumlah sks yang diambil. Hal yang sederhana bukan.

Tapi sebuah kesalahan terjadi ketika gw mencoba melakukan penghitungan untuk semester ini. 3 x 3,5 = 9,5. Hahaha..Mungkin karena matkul IF yang sedikit sekali pelajaran menghitungnya gw jadi lupa gmana caranya menghitung.

Mungkin juga karena adanya peraturan baru tentang indeks nilai, jadi gw masih belum biasa menghitung ip dengan indeks baru ini. FYI sekarang di ITB ada nilai AB dan BC. Jadi AB = 3,5 dan BC = 2,5. Kekeliruan ini gw sadari setelah gw menghitung ip dengan “3 x 3,5 = 9,5” ini. Setelah gw hitung ulang dengan “3 x 3,5 = 10,5” ip gw pun naek,dapet tambahan poin 1 (10,5 – 9,5 = 1). Ip akhir gw untuk semester ini pun 3,xx.

Hmm,,alhamdulillah, sesuai target. Tapi jangan dibandingin ni ip ama ip temen2 gw. Ip gw mah ga ada apa2nya. Temen2 gw untuk semester ini juga banyak yang dapet 3,5 ke atas.

Lihatlah ke atas untuk menambah motivasimu,tapi lihat juga ke bawah untuk mensyukuri apa yang telah kamu dapat.

Hal ini yang selalu diajarin ama bokap gw.

Tapi bukan ini yang pengen gw ceritain sekarang. Yang pengen gw ceritain sekarang adalah keanehan yang terjadi pada ip gw. Keanehan yang selalu terjadi sejak semester 1. Jadi begini, sejak semester 1 sampe semester 5 ini, apabila sekarang adalah semester ganjil maka ip gw diatas 3, sedangkan bila sekarang adalah semester genap maka ip gw dibawah 3

Penurunan dan kenaikan ip yang terjadi bisa sangat signifikan loh bisa ampe 0,8 poin!!!

Setelah gw analisis, kesimpulan – kesimpulan yang gw dapatkan adalah :
1. Ketika semester 1, gw masih semangat-semangatnya kuliah. Alhasil ip gw pasti bagus.
2. Ketika semester 2, kepongahan pun terjadi. Sifat manusia yang alamiah memang. Kuliah jadi nyante, sering bolos. Alhasil ip gw jadi jeblok.
3. Ketika semester 3, mulai sadar. Ada keinginan untuk bangkit setelah ip jeblok. Kuliah jadi rajin,tugas yang melimpah hal yang biasa. Horee,ip nya jadi naek.
4. Ketika semester 4, -idem nomer 2-
5. Ketika semester 5, -idem nomer 3-

Itulah kesimpulan yang gw dapetin. Namun ada lagi suatu keanehan yang terjadi. Keanehan ini agak agak berbau mistis. Jadi begini ceritanya, waktu semester 3 menjelang ujian, iseng2 gw laminating ksm gw. Ya biar bersih aja, itung – itung gw juga dapet penggaris gratis, secara tu ksm laminating bisa gw jadiin penggaris pas ujian. Trus ip gw pas semester 3 bagus deh. Pas semester 4, gw ga laminating ksm nya. Hasilnya ip gw jadi jelek.

ksm semester 5

ksm semester 3 yang dilaminating

Pas semester 5 kemaren ini, gw inget kalo pas semester 3 gw laminating ksm dan ip gw jadi bagus, jadi ksm semester 5 udah gw laminating jadi jauh jauh hari ujian. Hasilnya IP semester 5 = 3.xx.
Kesimpulan yang didapat : KSM yang dilaminating akan membuat ip Anda di atas 3. Boleh percaya boleh tidak,silahkan dicoba sendiri.

Iklan

5 responses to this post.

  1. hahahaaa.. sumpe aneh amat ga kesimpulan lo..
    seumur2 gue ga pernah ngelaminating ksm. trus pernah ngerasain di bawah 3 dan di atas 3. ga mo nganut kepercayaan lo ah ga.. hehehehh

    Balas

  2. Posted by auriga on Februari 14, 2009 at 6:42 pm

    lumayan lo nur bisa jadi penggaris ksm nya,,apalg waktu bikin erd n dfd,,berguna banget tuh,,
    Anda tidak akan percaya kalo belum membuktikannya…

    Balas

  3. duh, temanku yang satu ini… “-___-

    Balas

  4. pake penggaris beneran aja..
    lebih murah ga daripada ngelaminating ksm.. heheheh 😛

    Balas

  5. Posted by auriga on Februari 17, 2009 at 6:46 am

    @nurr : lebih murah ngelaminating ksm donk…sudah ksm bersih, dapet penggaris pula..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: